KIM Kelurahan Umanen mengikuti Bimtek & Uji Coba Website KIM Si-Makle'at Bagi Desa/Kelurahan Lingkup Pemerintah Kab. Belu

  • Jun 26, 2024
  • MARGARETHA AYU B

Rabu, 26 Juni 2024

KIM Kelurahan Umanen mengikuti Bimtek & Uji Coba Website KIM Si-Makle'at Bagi Desa/Kelurahan Pemerintah Kabupaten Belu. Kegiatan bimtek tersebut dibuka oleh Kadis Kominfo Kabupaten Belu melalui Kabid Bidang Layanan Informasi Publik (Ibu Zelia L. Da Costa, S,STP)

Sebagai tindak lanjut kegiatan Bimtek Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Wilayah Sulawesi dan RAN PPDT yang dilakukan secara online pada Selasa, 24 Juni 2024 maka Dinas Kominfo Kabupaten Belu atas gagasan Bapak Kabid Hubungan Media dan Sumber Daya Dinas Komunikasi dan Informatika; Bapak Dominikus Mali, S.Sos alias Pak Dommy membuat kegiatan lanjutan berupa "Bimtek & Uji Coba Website KIM Si Makle'at bagi Desa/Kelurahan Lingkup Pemerintah Kabupaten Belu" yang mengundang 30 (tiga puluh) orang Admin Website KIM se-Kabupaten Belu.

Kegiatan bimtek dan uji coba sendiri dimulai dari Pukul 09.30WITA di Aula Ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belu dan kegiatan dibuka oleh Perwakilan Kepala Dinas Kominfo Kab. Belu ; Ibu Zelia L. Da Costa, S.STP selaku Kabid bidang Layanan Informasi Publik. Beliau menyampaikan harapan Kepala Dinas bahwa dengan adanya kegiatan bimtek tersebut dapat menjadi awal yang baik dalam aksi perubahan dalam mengelola dan menyampaikan informasi masyarakat di Kabupaten Belu sehingga harapan kedepannya Admin KIM yang hadir dapat dibuatkan SK Bupati yang sifatnya mengikat dan bertanggung jawab penuh atas pengelolaan Website KIM itu sendiri. 

Sebelum memasuki sesi pelatihan teknis perihal penginputan dan pengelolaan Website KIM, Pak Dommy menyampaikan bahwa sejak terbentuknya KIM dari tahun 2018 sampai dengan saat ini 2024. KIM atau yang sebelumnya disebut Kelompok Informasi Masyarakat yang mengalami momentclatur berubah menjadi Komunitas Informasi Masyarakat belum berjalan sesuai regulasi sehingga dengan adanya applikasi cms website KIM ini harapannya menjadi suatu cara terobosan dalam aksi perubahan tersebut. Website KIM sendiri memuat berbagai hal tentang kegiatan di Desa/Kelurahan juga kelompok-kelompok terkait sehingga segala kegiatan dapat terpublikasi dengan baik dan untuk memicu semangat para Admin Website KIM maka setiap tahunnya akan diadakan perlombaan perihal pengisian konten website KIM dan hal tersebut akan tertuang di dalam peraturan daerah.

Kegiatan Bimtek & Uji Coba ditutup dengan kegiatan sesi foto bersama dan pengisian konten masing-masing Admin KIM.